Versi cetak ruang17, laporan; cerita dibalik proses pembuatan.

Setelah melalui sebuah ‘mission impossible’ yang melelahkan, akhirnya tibalah sudah pada bagian akhir dari usaha mencetak sejumlah halaman yang diberi nama ‘versi cetak ruang17’. Dan kurang lebih beginilah ceritanya jika saya susun menurut apa yang saya kerjakan:

Pertama, kaos sketsa pak Apep yang dibuat terbatas 50 kaos alhamdulillah semua sudah laku terjual, terkirim, dan sampai pada alamat 50 orang pemesan.

Image

pak Apep sedang memberi tanda tangan di kaos

Kedua, setelah semua kaos diterima pemesan, mereka masing-masing lalu mentransfer uang harga kaos + donasi yang, jika boleh saya bilang di sini, masih jauh dari target yang ingin dicapai.

Hal ini, mungkin, karena harga kaos sketsa pak Apep dijual sama dengan ongkos produksi yaitu Rp 40.000, dan untuk donasi dibebaskan sesuai dengan kesanggupan pembeli, artinya; tak ada akumulasi pasti yang bisa dicapai, karena kemungkinan donasi yang masuk tak bisa diprediksikan.

Sebagai contoh; jika anda membeli kaos Rp 40.000 dan menambahkan donasi Rp 10.000, itu artinya dana yang masuk adalah Rp 10.000. karena Rp 40.000 akan dikembalikan ke uang pemodal awal produksi kaos.

Ketiga, setelah semua pembeli mentransfer harga kaos + donasi, pertama-tama yang dilakukan kemudian adalah mengganti pinjaman uang pemodal awal produksi kaos.

Keempat, baru setelah point ketiga diatas terpenuhi, saya kemudian mulai menghitung TOTAL donasi yang masuk dan berapa kemungkinan jumlah majalah yang bisa dicetak dari TOTAL donasi yang masuk.

Kelima, setelah dihitung, TOTAL donasi yang masuk sebesar Rp 1.600.000 rupiah.

Keenam, karena jumlah majalah yang dicetak kurang dari 100 eksemplar, maka proses percetakan dihitung print digital, dan ini menghabiskan dana Rp 1.452.000 untuk 11 majalah.

Perhitungan ringkasnya;

Jenis kertas cover: art paper 120 gram

Jenis kertas isi: art paper 100 gram.

Jumlah halaman+cover (44) x biaya print satu halaman (3.000) = Rp 132.000.

Biaya cetak satu majalah (132.000) x jumlah majalah (11) = Rp 1.452.000.

Dan sisa Rp 148.000 akan dipakai untuk biaya pengiriman 11 majalah ke beberapa kampus arsitektur di Indonesia, diutamakan di luar Jawa dan Bali.

Ketujuh, dan inilah versi cetak ruang17 yang sudah selesai proses print digital dan siap untuk dikirim.

 Image

 Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Kedelapan, lalu bagaimana dengan teman-teman yang tak mendapat versi cetak? Ruang17 sudah menyiapkan versi online yang bisa dibaca di sini.

Sekian, semoga usaha ‘versi cetak ruang17’ ini bisa bermanfaat untuk dokumentasi arsitektur di Indonesia. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mendonasi, sekali lagi, terima kasih. Tanpa kerjasama teman-teman, ‘versi cetak ruang17’ sulit terlaksana, meski hanya sedikit, tapi kita telah mencoba.

Mohon maaf jika ada kekurangan.

🙂

One thought on “Versi cetak ruang17, laporan; cerita dibalik proses pembuatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s