GANG SESAMA

Definisi negatif dari gang yang tergambar sebagai akses jalan yang sempit, tak rapi, dan tak aman akan segera terbantahkan ketika saya menemukan sekumpulan bocah-bocah kecil yang sedang asik bermain di gang kampung yang terletak di bukit mulya bandung. Bocah-bocah itu memanjat, beberapa di antaranya yang lebih berani akan bergantungan, lalu seperti tarzan mereka teriak; auwooo uu wooo…

Apa yang sedang dipanjat, lalu bagaimana mereka bisa bergantung di ruang sempit bernama gang? Seorang arsitek wanita indonesia, sarah ginting, menjawab pertanyaan itu dengan menciptakan ruang bermain anak pada lahan kota yang terbatas. Dibantu mahasiswa arsitektur unpar dan itb, ia kemudian merangkai papan, menegakkan tiang ayunan, dan yang menarik; membuat wahana gantung di gang.

Bocah perempuan yang lebih tenang akan memilih duduk di ayunan, bocah  laki-laki yang lebih berani dan aktif akan mencoba bergantungan, berbahaya? Tidak, mereka hanya lebih dekat dengan keberanian. Melihat hal itu, setiap  yang peka akan dibuat sadar bahwa dalam satu bentuk permainan terdapat bermacam pelajaran. permainan juga pelajaran itu, bisa dibuat dan didapatkan di mana saja, termasuk di gang.

menyenangkan!

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s