OBI eco campus jatiluhur

-view dari depan aula OBI eco campus jatiluhur, arsitek; Andry Widyowijatnoko-

22 januari 2011, dengan menggunakan sepeda motor, saya menempuh perjalanan ke jatiluhur selama kurang lebih dua jam dari bandung yang ketika itu masih menunjukkan pukul lima subuh lebih lima belas menit. praktis tanpa hambatan dan rintangan, saya pun menikmati aspal jalan tanpa macet.

di jatiluhur, saya berjalan di tepi waduk jatiluhur, menembus perkampungan servis, entah berapa meter, dalam kesepian yang hanya terusik oleh bunyi motor sendiri. tidak jauh dari tepi waduk, tampak sebuah bangunan setinggi 18 meter yang nyaris terlindungi oleh pepohonan sekitar yang tak ditebang. entah mengapa, waktu menjadi terasa. mungkin karena pohon-pohon tak ditebang.  sebab -mengutip dari apa yang ditulis oleh G.M; siapa yang menanam pohon akan tahu bahwa yang tumbuh bukan hanya sebuah batang dalam ruang, tapi juga sebentuk tanda dalam waktu.

yang saya saksikan adalah sebuah bangunan aula setinggi 18 meter yang dibangun dari konstruksi bambu -material alam dari pohon yang memiliki umur panen 4 – 5 tahun.

bambu, material yang kemudian dijadikan sebagai bahan dari 30 buah rangka kuda-kuda penopang atap yang menyerupai bentuk perahu terbalik dengan betang lebar bangunan 20 meter dan panjang sekitar kurang lebih 40 meter.

-berdiri di titik tengah aula-

-pola menarik yang terbentuk dari struktur-

-pola cahaya yang tercipta dari skylight atap, ini sekitar jam 11-an, jika cuaca cerah; pola yang terbentuk akan semakin menarik-

di hutan, di tepi waduk jatiluhur, saya kira adalah wilayah yang tepat di mana kegaiban masih belum hilang, di mana misteri belum dipetakkan, dan di mana waktu menjadi terasa. saya bayangkan, pengunjung OBI eco campus, pada akhirnya akan menemui kembali  pohon-pohon. merenung, dan belajar kembali pada alam.

5 thoughts on “OBI eco campus jatiluhur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s