FOOT PRINT-ARCHITECTURAL DESIGN DOCUMENTATION INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Ketika pada suatu waktu saya menerima buku dari seorang teman yang juga art director dalam buku  FOOT PRINT-ARCHITECTURAL DESIGN DOCUMENTATION INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2009/2010- sebuah buku kompilasi tugas studio mahasiswa magister arsitektur alur desain angkatan 2009, pada sekolah arsitektur, perencanaan dan pengembangan kebijakan (SAPPK) ITB, saya merasakan pada wajah saya terkembang suatu senyuman. Barangkali senyuman itu mempunyai suatu makna; kegembiraan karena diberikan secara gratisss tiss tisss tisss… wuakwkwkwkwk…😀

Tentu saja, waktu itu, saya tak tahu apa isi buku ini.

Beberapa jam sehabis buku diberikan, saya kemudian memutuskan untuk membacanya dan menemukan sekitar empat puluh sembilan karya yang mencakup hasil penugasan studio pertama, kedua, ketiga, dan penugasan studio akhir dari mahasiswa magister arsitektur alur desain angkatan 2009. Yang patut dicatat, sejumlah karya di antaranya adalah tugas yang diturunkan dari sayembara desain kampus ITB bagian utara, yaitu merancang tiga bangunan berlantai sembilan dan gerbang utara ITB. Tapi agaknya bukan soal sayembara yang mendorong untuk menyelesaikan tugas, tapi tujuan untuk melatih kemampuan bekerjasama dalam tim diantara mahasiswa, dalam menyelesaikan desain secara komperhensif, dengan tingkat kesulitan cukup tinggi, dalam waktu yang singkat. Dan sepertinya itu bukan merupakan suatu pekerjaan yang gampang.

Oleh karenanya sejak semula disadari bahwa pemilihan terhadap tugas studio, yang seperti dituliskan oleh Ir. Achmad D. Tardiyana, MUUD (tutor studio yang juga editor-in-chief buku ini) adalah bertujuan secara khusus memperlihatkan kemungkinan dalam hal mengenai program-program dan strategi, bahwa arsitektur adalah sebagai alat untuk membentuk realita baru dari permasalahan kota dimana bandung sebagai obyeknya.

Dimulai dari penugasan pertama dimana peserta studio ditantang untuk mencari penawaran solusi terhadap proyek yang dinilai kontroversial yaitu rencana pengalihan fungsi salah satu kolam renang tertua dikota bandung. Kemudian dilanjutkan dengan penugasan kedua yang lebih ditujukan kepada isu yang lebih kompleks berupa permasalahan perumahan murah di perkotaan pada lokasi dengan tingkat kepadatan yang tinggi di bandung. Kedua tugas awal ini kemudian saya baca sebagai kecenderungan untuk menentang gagasan pembangunan perkotaan yang dinilai salah. Bukan sesuatu yang baru, memang. Sebab perlawanan seperti ini berjalan setiap hari, terus menerus, seperti sesuatu yang rutin meski tanpa granat dan gerilya. Tapi inilah yang istimewa dari tugas ini; perlawanan terhadap gagasan seperti ini ternyata bisa menjadi perlawanan yang efektif, Sebab, kita harus percaya, harus berani, karena pemerintah tak memberikan janji.

Lalu kemudian dilanjutkan dengan penugasan ketiga berupa penugasan pendek dalam membangun laboratorium bertingkat tinggi berupa sayembara dalam kampus institut teknologi bandung. Dan diakhiri pada tugas akhir yang membahas mengenai tapak yang terabaikan, yang berlokasi di bagian kawasan tua kota bandung. Kumpulan karya Tugas akhir ini menjadi bagian akhir dari buku yang sekaligus melengkapi keempat puluh sembilan karya peserta studio yang dihasilkan selama semester 1 dan 2 pada tahun 2009-2010.

Dengan latar belakang asal peserta studio yang berasal dari berbagai wilayah di indonesia; bandung, surabaya, kupang, medan, semarang, jakarta, yogyakarta, kuala lumpur (indonesia ? hehe), bali, lampung dan manado. Dan dengan perspektif yang berbeda-beda dari tiap mahasiswa, tidak aneh jika kemudian mereka memberikan hasil -jawaban- yang berbeda pula. Berbeda atau tidak, semua karya dalam buku ini memungkinkan diperolehnya pemahaman yang lebih lengkap mengenai gagasan dan kemungkinan lahirnya jawaban atas permasalahan kota dimana bandung sebagai obyeknya.

Akhirnya, Sampai disini, inilah yang bisa saya ceritakan mengenai buku dengan kaver kuning dengan tulisan yang disajikan dalam dua bahasa (inggris-indonesia). Selebihnya, mari beli bukunya dan selamat membaca…🙂

Footprints – Architectural Design Documentation 2009-2010
Design Works from the Students of the Master Program in Architectural Design
Institut Teknologi Bandung
245 pages, extensive color and b/w illustrations
160 x 240mm, Paperback, 2010
ISBN 978-602-97836-2-9
IDR 150.000/ USD 18
Available at SAPPK ITB, Galeri Soemardja ITB, Selasar Sunaryo and Rumah Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s