Sebuah karya rasionalitas.

Studi-o cahaya adalah sebuah rumah yang juga dapat berfungsi sebagai studio dan galeri. Semacam tempat untuk bekerja dan memamerkan karya, mulai dari fotografi, lukisan, hingga patung, yang keseluruhannya membutuhkan kualitas cahaya dan kecerahan, sebuah daya tarik tentang bagaimana perasaan ditimbulkan bersama dengan perubahan sinar matahari.

Idenya dimulai dengan mempelajari bagaimana matahari bergerak di lokasi yang terletak di Latitude 06° S 11’05 dan Bujur  106° 44’22 “E dalam sehari di sepanjang tahun di ruang yang akan tertutup dengan dinding setinggi 10m. sebuah studi pergerakan cahaya yang akan hampir selalu pasti terjadi di lingkungan tepat dimana bangunan ini akan berada.

Ketika arsiteknya mulai melakukan riset penggalian data dan menerjemahkannya ke dalam diagram, ia mendapatkan keindahan di dalam bentuk lain; tabel yang memiliki sudut jatuhnya sinar matahari dalam setiap jam yang menyerupai tabulatur nada musik, waktu yang diperlukan untuk berlalu dalam sehari, garis-garis yang dihasilkannya dengan kepadatan yang berbeda ketika ia miring ke kiri atau kanan di atas kepala, adalah bagian baru dari sebuah puisi yang muncul dari prosa atas rasionalitas. Sebuah hal yang selama ini ia pikir dapat menghambat keberaniannya untuk secara spontan merasakan keindahan.

Berada di rumah ini membuat saya tergetar, menyaksikan seorang arsitek berhasil merespon desain (cahaya) tuhan yang telah ditentukan baginya. Saya tergetar, menyaksikan seorang arsitek yang mau menyingkap kebenaran, dan bersikeras untuk mengetahui, biarpun ia tahu pengetahuan itu akan menjebolnya. Dengan kata lain, saya tergetar karena bersentuhan dengan sebuah semangat yang terekam dalam sebuah karya yang mempertanyakan rasionalitas kedalam kreatifitas yang ingin membebaskan hasil desain dari sebuah kecenderungan menciptakan keindahan yang disengaja. Dan berada di rumah ini membuat saya mulai menyadari bahwa; ketika tuhan ciptakan gelap, aku nyalakan cahaya. ketika tuhan ciptakan terang, aku olah bayangan. Tuhan dan manusia, pasangan kreatif.

….

..

.

dan ketika cahaya menukir ruang, kata-kata mulai kehilangan makna, dan biarkan ruang berbicara untuk dirinya sendiri. -adi purnomo-

.

..

One thought on “Sebuah karya rasionalitas.

  1. archiguna

    memang karya mamo sangat menginspirasi…… sang arsitek tak perlu banyak suara, kualitas desain yang menakjubkan yang akan bersuara….. bukanlah sang arsitek.
    efek bayangan yang dihitung secara akurat memberikan dramatisasi ruang sesuai dengan jatuhnya bayangan yang tepat, gelap terang yang dihasilkanpun memberikan kemanjaan pada mata….
    inilah benar benar sebuah karya dengan kualitas sense dari perhitungan mathematic. amazing….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s