wawancara singkat bersama danny wicaksono

Apa kesan mas terhadap acara FTK MAI tahun 2010 yang diadakan di kota bandung?

Saya pikir acara FTK MAI seperti kemarin itulah yang diperlukan oleh mahasiswa arsitektur Indonesia. Seperti yang saya sampaikan malam itu, acara itu adalah sebuah lompatan besar, dari apa yang saya tahu sebelumnya. Saya (sewaktu kuliah) pernah menjabat sebagai ketua himpunan, tapi saya tidak pernah mau terlibat dalam acara TKI-MAI, karena menurut saya, saat itu, acara TKI MAI tidak berat ke arah ilmiahnya. Malah dari yang saya dengar (dan saya alami singkat), cenderung menuju ke arah pendalaman organisasi yang tidak bisa diaplikasikan kedalam praktek arsitektur ketika mahasiswa telah lulus kuliah. Ini kan sayang. Acara yang kemarin itu adalah sebuah langkah yang tepat, bukan hanya untuk membalikan FTK MAI kepada kesejatiannya (temu karya ilmiah) tapi juga langkah yang tepat untuk meratakan kualitas pengetahuan dan pendalaman arsitektur bagi mahasiswa arsitektur di Indonesia.

Selama presentasi di acara speakars+architeriaNite, mas banyak bercerita pengalaman mas selama bekerja bersama adi purnomo hingga akhirnya mas keluar dan sekarang bekerja di andramatin. Apa yang melatar belakangi kepindahan mas tersebut?

Latar belakang kepindahan tersebut karena saya ingin melihat cara kerja biro arsitektur skala menengah yang memiliki kualitas arsitektur yang tetap terjaga kualitasnya. Saya pikir tidak ada tempat yang lebih tepat di Indonesia, selain andramatin architects.

Jongarsitek! Dan AMI, keduanya apa ada keterkaitan? Bisa dijelaskan?

jongArsitek! lahir dari/setelah AMI. Saya, Paskal, Rafael dan Adi pertama kali bertemu di forumAMI. Kami kemudian sering bertukar pikiran, dan mengerjakan beberapa workshop dan proyek bersama. Sampai akhirnya ketika forumAMI mulai sepi, (karena banyak rekan yang pergi keluar negeri) kami mulai merasa perlu mencari bentukan forum yang baru untuk mengganti diskusi-diskusi kami di forumAMI. jongArsitek! kemudian di terbitkan.

untuk melengkapi wawancara ini saya lampirkan video presentasi danny wicaksono di acara speakars BDG 26! + architeriNite#5 yang bisa langsung dilihat di:

http://vimeo.com/13363864

http://vimeo.com/13353991

http://vimeo.com/13358437

2 thoughts on “wawancara singkat bersama danny wicaksono

  1. yu sing

    “meratakan pengetahuan dan pendalaman arsitektur di seluruh indonesia” : dan, romantisme ahh…..gak semudah itu deh (ftk mai)..:p apa bisa dijabarkan lbh spesifik manfaat nyata ftk mai ? ..man, apa ada catatan/komentar juga dari evaluasi panitia ?

    Balas
  2. ruang17 Penulis Tulisan

    Kebetulan kemaren sy gk jadi panitia, pak. Cuma jadi moderator speakars yg pertama, itu juga ditodong sama someone.. Hehe..😀

    moga2 nanti ada panitia yg mau bercerita..

    Balas

Tinggalkan Balasan

