Kompleks laboratorium javaplant

Terletak di karang pandan, di kaki gunung lawu. sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor ke arah timur kota solo, kita akan mendapati Kompleks laboratorium javaplant yang terdiri dari pabrik, kantor dan showroom. Ketiganya terletak pada tapak yang memiliki ketinggian kurang lebih 700 meter di atas laut yang memberikan temperatur yang nyaman setiap hari.

Ketika memasukkin bangunan pertama -showroom- saya tahu; sang arsiteknya (andramatin) mungkin sedang mencari bagian yang hidup terus dari arsitektur tradisional indonesia, suatu cara mendirikan bangunan yang merupakan pertumbuhan wajar dari alam. Ia merancang bangunan yang tersusun dari bahan sederhana; tanah, yang kemudian menjadi material bata ekspose pada kulit bangunan. Menarik! Yang saya lihat adalah arsitektur yang rendah hati, yang telah melepaskan ego dan menyatukan kembali arsitektur dari akar sejatinya dalam alam.

Aroma rempah-rempah mulai tercium ketika saya berjalan lebih dalam, menuju dua bangunan lainnya –pabrik dan kantor- yang diletakkan terpisah membentuk sudut 90 derajat terhadap bangunan satu sama lain, saya mendapati sebuah ruang hijau bersama besar yang terbuka lebar menghadap gunung lawu. Sayang, cuaca tidak mendukung, pemandangan sedikit terhalang oleh kabut.😦

Secara keseluruhan, bahasa arsitektur yang dipakai oleh ketiga bangunan adalah material batu bata. Meski dengan penempatan yang berbeda-beda, ketiga bangunan laboratorium javaplant ini tetap menjadi satu kesatuan yang selaras dengan bangunan yang lainnya dan juga dengan alam.

view ketika memasukkin kompleks laboratorium javaplant

bangunan showroom

bangunan kantor dilihat dari belakang

bangunan kantor dilihat dari samping

ruang kerja

ruang santai kantor

skylight di koridor tengah kantor

bangunan pabrik-laboratorium

selasar lt.2 laboratorium (susunan bata pada dinding sebelah barat berfungsi secagai buffer sinar panas matahari, jika cuaca cerah, akan terlihat ornamen cahaya matahari berbentuk butir-butir cahaya yang masuk melalui pori-pori pada susunan bata)

view gunung lawu dari ruang rapat lt.2 laboratorium (sayang cuaca tidak mendukung, gunungnya terhalang kabut..hehe)

view dari ruang rapat lt.2 laboratorium, melihat ke kolam di taman bawah

ikan-ikan koi di kolamnya boesaaarrrr buuaannggetttt…. hehe😀

perkerasan -rumput dan kerikil- masih dapat menyerap air

satu diantara model susunan bata yang terdapat pada bangunan

bangunan laboratorium dilihat dari timur

bangunan laboratorium dilihat dari barat

10 thoughts on “Kompleks laboratorium javaplant

  1. budenovi

    hihihihi Karang Pandan itu kecamatan aku KKN dulu hahaahahaha….tempat gw muter2 pacaran disana hihihih tapi bukan sama pujaanmu itu sama yg lainnya :p….km seharusnya ke Candi Sukuh, itu keren tempatnya dan sakti hihihihi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s