wawancara dengan yu sing

arti arsitektur bagi bapak?

Ketika makin terlibat dengan banyak klien rumah murah, saya semakin menyadari bahwa arsitektur adalah ilmu kehidupan. Saya sempat membuat catatan tentang hal ini di bulan februari 2009 yang sampai sekarang tidak pernah selesai. (saya mulai terlibat dengan proyek2 rumah murah sejak juni 2008).

arti profesi arsitek bagi bapak?

Karenanya profesi arsitek merupakan profesi berbagi hidup. Baik dalam prosesnya maupun dalam karyanya, merupakan proses berbagi kehidupan. Pemahaman soal kehidupan merupakan hal penting sebagai dasar dalam berkarya. Semakin kita melihat kehidupan ini lebih luas dan dalam, semakin desain kita menjadi lebih matang. Interaksi dengan banyak klien saya saat ini (termasuk kontraktor atau tukang) seringkali tidak hanya tentang bangunannya, tetapi juga soal-soal pandangan hidup.

desain bapak selalu berangkat dari mana?

Tidak pernah ada kata selalu.

bisa ceritakan, bagaimana desain-desain bapak me-respond arsitektur tradisional indonesia?

Saya berusaha kembali mempelajari kekayaan arsitektur tradisional, sebagai sumber inspirasi dalam mendesain. Saya masih belajar terus mentransformasikan nilai2 yang begitu luas dan kaya ke dalam konteks kini.

merakyatkan arsitektur bagi bapak itu seperti apa?

Bahwa arsitektur harus dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin orang, bukan hanya oleh kalangan mampu saja.

bapak lebih dikenal dengan proyek-proyek ‘rumah murah’. arti ‘murah’ bagi bapak?

Terjangkau oleh semua kalangan, walaupun seringkali kesulitan karena harga-harga material yang terus meningkat. Tetapi paling tidak dengan harga membangun rumah yang standar, bisa mendapatkan kualitas ruang yang lebih baik.

bisa bapak tunjukkan proyek dengan biaya ter’murah’ yang pernah bapak buat?
(pak, yg ini boleh dengan melampirkan foto…okay.okay..:D )

Masih berusaha =P. belum cukup puas murahnya. Kadang2 juga proyek yang seharusnya bisa lebih murah, ternyata dalam prosesnya, pemilik dapat banyak rejeki dari saudara atau teman2nya, sehingga banyak elemen arsitektur yang ditambahkan sehingga harganya naik. Rumah di pondok damai ini rencananya sekitar rp 1 jutaan per m2 (sebelum ditambah plafon, keramik, dll). (fotonya dicari dulu yah..he5)

jika suatu hari bapak memiliki uang yang tak terhitung jumlahnya, desain apa yang akan bapak buat?

Perumahan sosial murah. Ruang-ruang privat secukupnya, ruang-ruang sosial bersama diperbanyak. Penghuninya hidup bersama dengan kekerabatan sosial seperti di desa-desa yang masih belum banyak dipengaruhi budaya kota. Ada kebun bersama, sekolah, rumah ibadah bersama (untuk semua agama dan kepercayaan), ruang bermain, ruang berkesenian, dll.

bapak baru saja memperluas jangkauan dengan membuka kantor di kota solo, bisa sedikit cerita tentang hal ini.

Kantor bandung kapasitasnya terlalu padat, sedangkan proyek2 rumah murah yang harus dilayani cukup banyak. Dan ternyata mengerjakan rumah murah pun dapat berkelanjutan. Saya coba membuka kantor di solo yang fokusnya melayani rumah dan perumahan murah. Solo kota budaya yang menyenangkan dan biaya hidup masih cukup murah.

pertanyaan terakhir, jika bapak menjadi pengganti dada rosada (Walikota Bandung) apa yang akan bapak lakukan?

Hahaha… Karena pertanyaannya ngelantur, saya jawab ngelantur juga deh. Saya akan memangkas pegawai negeri minimal 50%, karena sudah sangat kebanyakan dan membuang banyak uang rakyat. Tapi yang pasti saya tidak akan pernah jadi walikota karena sangat tidak suka politik. Tetapi walikota selayaknya mengajak warga kotanya untuk menata kota lebih baik. Sebetulnya banyak warga kota yang jauh lebih mengerti untuk menata kota bandung ini daripada apa yang terjadi saat ini. Hahaha..saat ini bandung terlalu banyak persoalan kota yang menurut saya agak memalukan. Kota yang tidak ramah terhadap manusia yah bandung ini. Jalur pedestrian saja dirusak terus menerus bahkan ditanami pohon dengan dalih penghijauan.

9 thoughts on “wawancara dengan yu sing

  1. yu sing

    suka2arsitek: pem bdg saat ini ndak butuh arsitek atau ahli kota kok, krn tdk pernah dilibatkan apa2. Symbara (yg serius) saja tdk ada. (mkaa itu bukan punya pemkot bdg, tp pusat)

    Balas
  2. ArsitekPunyaCerita

    ( jalur pedestrian saja dirusak terus menerus bahkan ditanami pohon dengan dalih penghijauan.)

    ditambah lagi saat ini jalur pedestrian terjangkit penyakit “kutil” yang menular….

    dimana ada pedestrian…disitu ada “kutil bangunan” alias pedagang kaki lima….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s