Wood box house

udul: Wood box house

Tahun: 2007-2009

Lokasi: Bogor

Status karya: Terbangun

Tim perencana: Indra Tata Adilaras: Setiadi Sopandi, Supantah, Adisuwarna Setyadi (Arsitektur) + Ita Burhan (Landsekap)

Kontraktor: Edhi Suwito

Rumah ini terletak di kavling tipikal 11.7 m x 25 m di sebuah perumahan menengah di Bogor yang memiliki curah hujan yang tinggi dan temperatur rata-rata yang relatif nyaman (berkisar antara 23-31°C). Kecuali bila hujan badan dan cuaca terik, tempat ini hampir selalu memiliki suasana luar ruang yang menyenangkan. Berdasarkan itu, kami mencoba menawarkan sebuah konsep ruang tinggal yang menyatukan aktivitas dalam ruang dengan kualitas keterbukaan dan kenyamanan luar ruang.

Beberapa tantangan spesifik lahan adalah fasad muka bangunan yang berhadapan dengan potensi view gunung, namun juga sekaligus menghadap arah barat dan hangar binger aktivitas taman kanak-kanak di seberang jalan.

Penugasan proyek mensyaratkan sebuah rumah tinggal bagi sebuah keluarga muda dengan dua anak yang energik. Dalam menangani program fungsi, kami sejak awal memisahkan dengan tegas fungsi-fungsi ke dalam dua kategori wadah: (1) kotak masif yang berisi fungsi-fungi privat dan servis, dan (2) kotak transparan untuk fungsi-fungsi bersama. Strategi perancangannya adalah dengan mengiris dua kotak tersebut sehingga menciptakan ruang antara yang terartikulasi dengan baik sehingga mendukung konektivitas antar dua kategori fungsional tadi.

Kedua kotak diletakkan sedemikian rupa sehingga tetap memberikan peluang celah-celah cahaya dan ventilasi yang mendukung sistem ventilasi silang dan penetrasi tidak langsung cahaya matahari ke seluruh ruang.

Kotak transparan menaungi aktivitas sebagaimana beranda tropis terbuka sekaligus sebagai ruang dalam yang lapang. Kotak ini juga diharapkan dapat merangkai seluruh ruang terbuka yang ada secara maksimal, mulai dari taman muka hingga taman dalam.

Pada dasar kotak transparan ini, kami mendefinisikan batasnya dengan slab beton lebar (dilapis terazzo cor) yang dapat berfungsi juga sebagai lantai, pijakan tangga, tempat duduk, lemari (laci penyimpanan di bawahnya) sekaligus meja, dan sebagai bibir kolam ikan dan bibir taman dalam. Intensi kami penghuni dapat secara kreatif memaknai dan menggunakan ruang yang terartikulasi seperti demikian tanpa harus terjebak dalam preskripsi fungsional yang kaku.

sumber foto dan sketsa : http://indratataadilaras.posterous.com/

2 thoughts on “Wood box house

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s