Ismail Reza

kali ini saya tidak ingin untuk menyajikan wawancara yang sepertinya membuat kening wajah generasi muda arsitektur mengkerut (mikir serius mulu), yeah… mari melepas sejenak apa yang kita sebut sebagai keseriusan dalam setiap media-media arsitektur yang sepertinya selalu membuat anak-anak arsitektur tampil ‘sok asyyiikk’. kali ini saya ajak teman-teman sekalian untuk menyimak setiap jawaban-jawaban dari sang arsitek urban yang sekarang sedang bekerja di salah satu konsultan arsitektur di kota bandung; URBANE. ialah ismail Reza, salah satu arsitek urban yang belum juga tampak ubanan mungkin karena ia bisa nyantai menjalani karir sebagai seorang arsitek, atau mungkin juga karena ia terus-terusan dengerin musik sampai suatu ketika pada acara pecha kucha #1 Bandung ia mempresentasikan sisi lain kehidupannya sebagai seorang arsitek yang hobi ngoleksi kaset-kaset juga CD musik (buanyakkk buuaannggttt), dan inilah dia sang kolektor dan pecinta musik sejati dari urbane (ciee…) , mari kita sambut Ismaiiil Rezaaa….

langsung aja pak, hmm…

>Sudah berapa lama anda jadi arsitek?

Dari lulus tahun 1997 …..

>Ada pengalaman menarik selama jadi arsitek?

Bisa beli cd banyak pake gaji …… beli ipod pertama di tahun 2003 pake thr …..

>Ada hal yang kurang menyenangkan saat menjalani profesi ?

Ketemu klien yg bodo tapi sok tahu…atau atasan yg seperti itu, tp lebih dipercaya sm big bos…

>Sehari kerjanya berapa jam?

wah antara 8 -12 jam, seringkali lebih, apalagi kalau multi tasking ngejawab wartawan hehehehe…

>dengerin musik berapa jam?

sama lah dengan kerja-mungkin malah lebih lama karena kalau nyopir juga pake musik …

>Suka band APA?

Ini banyak banget; tapi dari scene Avant garde Rock serta eksperimental rock semacam Einstuerzende Neubauten, Magma, Sonic Youth, Boris, Sunn 0))), Acid Mother Temple & the Melting Paraiso UFO, Earth, King Crimson, Univers Zero, Shub-Niggurath, The Mars Volta, Bjork, Present, LCD Soundsystem, Telefon Tel Aviv, The Clash, The United States of America, Jefferson Airplane, The Doors, Tortoise, Stereolab, Henry Cow, Soft Machine, Amon Duul II, Faust, Cynic, Depeche Mode, Pink Floyd, Blast, Battles, Miles Davis, John Coltrane, Duke Ellington, Alice Coltrane, Mahavishnu Orchestra…mash bnyak lagi, soalnya yg termasuk “pop” juga ndengerin dari berbagai genre, mulai metal, jazz sampe punk ….

>Bapak terakhir ngedengerin lagu apa?

Karena vokalis metal legendaris, Ronnie James Dio meninggal hari minggu kemarin, sekarang lagi sering ndengerin kerjaannya dia; biasanya dia jadi vokalis beberapa band seperti Rainbow & Black Sabbath … jadi kayak tribut lah …

>Album musik yang terakhir dibeli?

Acid Mother Temple & The Melting Paraiso UFO “41st Century Splendid Man Returns” – ini dalam artian bener2 beli/mesen karena pengen tahu musiknya seperti apa …..

>Gimana perasaan anda seandainya menjadi musisi?

Pasti akan cepet bunuh diri, karena di indonesia iklimnya nggak menjanjikan jadi musisi eksperimental….

>Bagaimana sih mengenali karakter sebuah band perihal soundnya?

Sound itu harus bisa menggugah jiwa, tapi kontekstual-misalnya kalau maen reggae, tapi bassisnya bloon banyak maen di middle tone sama juga boong…gitu juga dengan doom metal, kalau seksi low tone-nya nggak digarap nggak bakalan jadi doom metal yg bagus …. jadi harus tahu diri dan konteksnya lah …

>Hal apa yang paling disesalin sekarang?

Melewatkan konser Sonic Youth di tahun 90an, pas dia manggung di jakarta …. sucksberat!

>pertanyan terakhir, apa yang akan anda lakukan jika anda >menjadi sorang yang tuli?

Saya akan berusaha menjadi seorang tuli yang baik, berguna buat bangsa dan negara, serta menjadi manusia Pancasilais seutuhnya …..

2 thoughts on “Ismail Reza

  1. Mario Andreti

    obrolan yang segar…. saya yakin setiap arsitek pasti punya sisi lain kehidupannya yang lebih santai dan menyenangkan.🙂
    Sukses selalu utk ruang17 dan bapak Ismail Reza.
    Salam Hangat dari yogya.

    Mario Andreti

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s