High heels Architecture

by : Gabrielle Veronica

Source:  www.buyeveningshoesonline.com

Mungkin saya memang salah satu penggemar dalam menulis perumpamaan dalam arsitektur, setelah menuliskan mengenai arsitektur sikat gigi beberapa waktu lalu sekarang saya akan membahas mengenai kecenderungan arsitektur high heels.

Nampaknya seperti gunanya dalam dunia fashion, high heels architecture juga berguna untuk memperindah bentukan arsitektur. Mungkin secara asosiatif kadang bisa pula kita rasakan kalu arsitektur macam ini bisa membuat arsitektur semakin “sexy” dalam artian arsitektur kemudian mempunyai definisi pembentukan ruang yang berbeda dengan arsitektur pada umumnya. Definisi dari high heels architecture ini adalah dimana sebuah bagian yang penting dari ruang arsitektur diangkat ke tempat yang lebih tinggi sehingga bagian tersebut menjadi ter-highlite dan diperhatikan.

Source :  www.wartakota.co.id/read/news/16902

Salah satu contoh mudahnya yaitu penggunaan podium pada desain bangunan tinggi sehingga pada skala perancangan yang lebih besar, tower yang ada akan dirasakan lebih penting. Secara dsain bisa kita lihat bahwa pada umumnya desain podium akan lebih “ramai” dibandingkan tower sendiri, oleh karena masalah biaya dan maintenance. Maka itu tower yang mahal ini patut dihargai dengan dibuat dengan level yang lebih tinggi agar dapat dilihat lebih jauh dan dalam jangkauan yang lebih monumental. Selain factor peraturan ternyata, bentukan ini juga mempunyai sense yang berbeda pada saat dilatakkan pada skala kota.

Penggunaan space yang berbeda antara bagian podium dan tower ini pada akhirnya memberikan warna berbeda dalam perancangan arsitektur. Inilah yang pada akhirnya menambah sisi visual dari tower yang akan terlihat lebih menarik saat dinaikkan sedikit dari level ground. Penciptaan ini pada akhirnya akan menambah bentukan perbendaharaan arsitektur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s