anyaman bambu

sore hari ketujuh di bulan februari yang cerah, saya menyempatkan datang ke rumah pa apep setelah sebelumnya tertunda hujan yang tak kunjung reda. apa yang menarik dari rumah ini adalah suasana ruang yang akrab dengan lingkungan kampung di sekitar. bukan tanpa alasan, karena rumah ini sendiri menjadi bagian dari lingkungan sekitar sebagai rumah buku atau lebih dikenal dengan taman baca yang diperuntukkan bagi ibu-ibu dan anak-anak kampung awiligar, sebuah desa di bandung tempat rumah ini berada.

tapi saya tidak akan bercerita bagaimana rumah ini hadir seperti yang telah dipublikasikan oleh majalah-majalah arsitektur. (saya tahu, rumah ini sudah masuk dalam daftar agenda publikasi majalah arsitektur indonesia yang siap terbit dengan harga yang mahal. bagi saya, belum tentu bagi orang kaya.)

selain dari gaya tektonika struktur pada kantiliver yang menyimpang, nakal, tapi indah, yang menarik dari rumah ini  tentu tak lepas dari bilik-bilik anyaman bambu yang menyusun hampir keseluruhan ruang lantai atas rumah. tepatnya; pada ruang keluarga, ruang kerja, dan ruang tidur. udara sekitar yang masih segar akan bebas masuk dan keluar ruangan dari pagi hingga pagi lagi. beberapa debu-debu yang nakal akan tertahan di antara celah-celah bambu.

lalu kenapa bambu? material yang satu ini memang lagi HOT dan NAIK DAUN setelah beberapa pengaplikasian pada bangunan membuktikan keunggulan material ini; efisien, mudah didapat, terjangkau, dan dengan sedikit kreatifitas akan membuat material ini menjadi cantik!. jika avianti armand dalam tulisannya berjudul ‘sejenak’ menyebutkan bahwa; “Dalam waktu singkat, anyaman bambu itu akan usang, dinding-dinding papan itu melapuk, tangga dan kisi-kisi bambu itu akan jadi bubuk” tak mengapa, jika kelak diganti dengan material bambu yang baru, itu akan membuka kesempatan hadirnya suasana ruang yang berbeda, beragam dan tidak membosankan.

berikut ini adalah proses pembuatan anyaman bambu yang dikreasikan dengan pola anyaman yang cantik sebagai pembentuk dinding juga plafon rumah pak apep. selamat menikmati, semoga bermanfaat. :-)

rasanya kurang jika tidak dilengkapi dengan video proses pembuatan anyaman bambu ini :-)

di bawah ini adalah video yang saya buat untuk melengkapi foto-foto di atas. selamat menonton, dan (lagi-lagi) semoga bermanfaat :-)

About these ads

5 thoughts on “anyaman bambu

  1. singgih s kartono

    bagaimana ya mengenalkan desain seperti ini ke penduduk desa? mereka sekarang cenderung membangun dengan material semen dan bata, dengan arsitektur bangunan gaya sinetron. saya yakin jika mereka dikenalkan dengan desain rumah bambu seperti rumah pak apep, mereka akan tertarik. namun lebih penting lagi adalah mengenalkan kembali arsitektur ke masyarakat pedesaan. mas admin, desain-desain rumah seperti ini bisa dikumpulkan untuk kemudian suatu saat dijadikan materi pelajaran muatan lokal disekolah.

    Balas
  2. apep

    Mas Singgih, terma kasih apresiasinya. Saya pun sudah lama ingin berkunjung ke workshopnya di Temanggung? Saya pengagum Magno. Memperkenalkan kembali rumah dengan material lokal tampaknya memang perlu waktu dan usaha. Tetangga sebelahpun membangun rumah dengan material tembok dan keramik. Ada persepsi rumah modern harus seperti itu.

    Obor, iya perlu waktu untuk bisa serimbun Kongea di kampus ITB. Silakan mampir ya

    Balas
  3. aries

    bagai mana saya bisa mendapatkan anyaman bambu untuk dinging nya ? dan apakah boleh tau kisaran harganya pak..?
    saya sh tinggal di Bali ,akan lebih baik mungkin kalau ada info dimana mendapatkannya di Bali .
    Liputan yang sangat Inspiratif keren , sukses ya Pak

    terima kasih.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s